08 Jan 2019
Triumphrat.net

Triumph Thruxton adalah salah satu spesies Triumph yang secara tampilannya sudah ganteng maksimal. Iya, lantaran model yang sudah bergaya café racer dari sananya.

Nah, beredar gosip dan foto-foto di dunia maya, kalau  awal tahun ini Triumph bakal luncurkan model Triumph Thruxton TFC. TFC sendiri merupakan singkatan dari Triumph Factory Custom.

Triumph Factory Custom sebenarnya adalah proyek custom pabrikan dari Triump yang pernah diusulkan pada tahun 2014, kalau itu dua model Bonneville custom disiapkan, gayanya bobber dan scrambler.

Gosipnya, bulan Januari 2019 ini akan ada Triumph Thruxton R yang speknya paling lengkap dengan embel-embel TFC. Bahkan penampakannya sudah terlihat di forum penggemar motor Triumph, Triumphrat.net.

Triumphrat.net

Menurut informasi dari forum tersebut, Thruxton R TFC ini sudah diperkenalkan saat acara konferensi dealer international bulan Oktober 2018 lalu.

Mengutip dari cycleworld.com, spesifikasi disebut Thruxton tipe tertinggi, dengan mesin high power 1.200 cc paralel twin yang bertenaganya 10 hp lebih besar (96 hp ke 106 hp) dari mesin standar.

Triumphrat.net

Sistem exhaust dari Vance and Hines dan engine mapping yang baru mengalami pembaruan, termasuk merevisi mode pengendaraan ‘Rain’, ‘Road’ dan ‘Sport’. Berat kering motor juga diklaim direduksi hingga 47 kg. Wow!

Tipe suspensi sepertinya sama dengan model Thruxton R, namun bagian sokbreker depan menggunakan Ohlins tipe NIX 30, yang dipasangkan dengan sokbreker belakang model piggyback dari merek yang sama.

Sistem pengereman, baik kaliper maupun cakramnya menggunakan Brembo, dan alas karet dari Metzeler Racetec RR.

Triumphrat.net

Penampilan Thruxton R TFC termasuk yang paling utama, ia dibekali dengan fairing model bullet (peluru) yang berbahan karbon fiber. Dipadukan dengan jok single-seater.

Rencananya, tipe ini akan dijual sangat terbatas, hanya diproduksi 750 unit saja, dan tidak dibuat ulang. Sepertinya TFC akan jadi salah satu program Triumph untuk meningkatkan imejnya. Sayangnya sampai informasi ini kami dapat, belum ada harga jual pasti.