15 Jan 2019

Bengkel Vespa Kustom, Butcher Garage asal Saint Petersburg, Rusia bikin konsep modifikasi yang out of the box. Sebuah Vespa PX150 diubah bentuk dan konstruksinya hingga bergaya Scrambler.

Konsepnya adalah membuat skuter bergaya cross country namun tetap nyaman dinaiki di perkotaan. Proyek ini disebut Project Esc alias ‘Escape’.

Kini bentuknya menjadi lebih terlihat motor dibandingkan skuter. Lantaran bentuk setang serta posisi tangki bensinnya.

Dek lantai juga ikutan dibikin kustom, ciri scrambler juga diperlihatkan dengan pemilihan setang yang lebar dan bentuk kover lampu depan bertuliskan SIP yang mirip bentuk nomor start. Lampu depannya sendiri dibikin dari rangkaian lampu LED.

Butcher Garage yang berkolaborasi dengan penyedia komponen aftermarket skuter, Sip Scootershop asal Jerman ini memberikan kombinasi warna yang atraktif.

Dengan paduan bodi yang dicat putih, lantas aksen bendera start (chequered flag) di bagian bodi belakang, dan warna merah.

Desain jok terinspirasi dari motor klasik BSA, dan tangki bensinnya dari Husqvarna 70.

Sepasang shockbreaker SIP Scootershop dipasang di roda belakang. Ban belakang punya spek 130/90-10 yang terkesan garang.

Untuk kaki depan, dipilihkan pelek 12 inci dan custom hub agar pas berpasangan dengan piringan rem Galfer.

Transmisinya dipakaikan model sequential gear box dengan tuas transmisi di kaki agar mirip dengan konsep scrambler.

Efek secara estetika, area setang menjadi terlihat ringkas dan simpel. tak ada lagi perpindahan gigi di tangan. Hanya ada indikator keren dari Sip Scootershop.

Vespa ini juga dipasangi radiator yang ditaruh di bagian belakang dek, pendinginan mesin juga didukung sistem water-cooled cylinder head dari Parmakit dan electric water pump dari Malossi.

Salah satu detil khas Vespa balap yang terlihat adalah knalpot udangĀ  dari Sip Scootershop yang terpasang rapi di bagian kiri bodi.