12 Jan 2019
Ural

Ural, pabrikan motor klasik modern asal Rusia, akhir tahun lalu memajang satu unit motor purwarupa (protitipe) unik di berbagai ajang pameran motorshow.

Ural mencoba mengaplikasikan konsep motor bertampang klasik namun menganut konsep elektrifikasi. Motor klasik tapi bertenaga listrik.

Ural

Enggak tanggung, yang dipakai adalah model Ural CT One, yang basisnya adalah motor dengan sidecar alias sespan.

Ural yang mencoba mengikut arus tren masa depan yang bakal didominasi motor listrik ini, bekerja sama dengan pabrikan motor listrik asal Amerika, Zero Motorcycle.

Ural

Hasilnya seperti ini, bentuk motornya adalah Ural CT One, namun bagian jantungnya, yakni powertrain yang terdiri dari motor listrik, baterai dan pengontrol disumbang oleh Zero Motorcycle.

Zero yang berbasis di California, Amerika ini ditugaskan menyediakan dukungan teknis menangani ‘jantung elektrik’ selama pengembangan dan pengujian motor prototipe ini.

Ural

Zero klaim yakin dengan konsep protitipe ini, lantaran selama uji coba dilakukan, motor ini tetap menawarkan kenyamanan, stabilitas serta keamanan penumpang.

Salah satu konsentrasi utama adalah menemukan posisi penyimpanan baterai yang aman tanpa mengurangi rasa nyaman bagi penumpang.

Selama pengetesan, Zero klaim kalau motor lebih mudah dikendalikan berkat pusat gravitasi rendah dan distribusi berat yang optimal serta sangat stabil berkat tiga rodanya.

Ural

Lantaran masih dalam proses konsep, Ural belum menginformasikan lebih lanjut, kapan motor purwarupa ini bakalan masuk lini produksi mereka.

Ural

Banyak proses yang mesti dilalui Ural untuk menjadikan tipe produksi, seperti riset pasar, komentar konsumen serta kesiapan industri mengenai motor listrik.

Motor bertampang klasik tapi elektrik, Yay or Nay?