06 Jan 2019

Body conversion atau ubahan bodi adalah salah satu bentuk aksi custom atau modifikasi dengan cara mengubah penampilan mobil jadi bentuk yang berbeda.

Namun apa yang dilakukan pada Corvette C5 produksi tahun 2001 ini beda. Beberapa bentuk bodinya diubah seakan mengikuti detil Corvette generasi pertama tahun 1953 yang biasa disebut C1.

Pengerjaan body conversion yang dikerjakan oleh perusahaan bernama Advanced Automotive Technology (AAT) ini diklaim menggunakan Corvette C5 model hardtop dan juga convertible. Proyeknya disebut Corvette Commemorative Editon.

Ubahan bodi yang dilakukan adalah mengganti semua panel bodi bawaan mobil dengan panel bikinan yang dipasang tanpa mengubah posisi lubang baut bawaan pabrik.

Seperti kap mesin, bumper, fender, headlamp serta gril krom dan lampu sein. Asal tahu saja, Corvette C5 aslinya punya model headlamp pop up.

Satu-satunya modifikasi yang dilakukan pada bodi adalah memotong sebagian lekukan bodi kecil di bagian belakang mobil tanpa merusak struktur bodinya. AAT klaim kalau proses body conversion ini tetap utamakan faktor safety.

Dalam situs resminya www.aatcars.com, dikatakan kalau mereka sudah melakukan proyek konversi bodi Corvette C5 jadi Corvette C1 sebanyak 6 unit saja.

Nah, yang Corvette di gambar ini adalah salah satunya. Corvette 2001 ini rencananya akan dilelang oleh balai lelang Mecum Auction (www.mecum.com) 3-13 Januari mendatang di Osceola Heritage Park, Kissimmee, Florida.

Corvette berkelir merah ini ditulis sudah menggunakan mesin LS6 yang dimodifikasi oleh John Lingenfelter (mesin standarnya LS1), transmisi 6-speed, serta pelek bawaan C6-Z06. Dari data yang diberikan, mobil ini sudah mencatatkan jarak tempuh sekitar 9.400 Mil. Ada yang minat?