18 Jan 2019
Tamiya

Kalau Anda benar penggemar berat merek mobil asal Inggris, Land Rover. Mungkin tidak akan melewatkan koleksi mainan satu ini.

Ya, perusahaan mainan rakitan Tamiya baru-baru ini memajang produk barunya, Tamiya RC Land Rover Defender 90.

Tamiya

Model Land Rover Defender sendiri termasuk produk legendaris yang diproduksi sejak tahun 1948, namun lantas ‘dibunuh’ di tahun 2016.

Lewat situs tamiyausa.com, mainan rakitan berbentuk remote control ini ditawarkan hanya satu model, yaitu Defender 90 atau varian sasis pendek.

Tamiya

Mobil rakitan berskala 1/10 ini punya panjang 4,5 cm, lebar 20 cm dan tinggi 21,4 cm, serta jarak wheelbase 24,2 cm.

Bodinya berbahan plastik polikarbonat, sedangkan bagian printilan kecil yang terpisah seperti grille, spion, serta kover ban terbuat dari plastik ABS.

Tamiya

Dilihat dari gambarnya, tampak mainan rakitan Tamiya ini punya detil yang baik. Ia dilengkapi headlamp dan stoplamp yang bisa menyala dengan lampu-lampu LED mungil berdiameter 5 mm.

Sasisnya menggunakan tipe CC-01 Cross Country yang sudah dilengkapi sistem penggerak 4WD full-time dengan suspensi depan model wishbone dan suspensi belakang model 4-link rigid dilengkapi dengan 4 shockbreaker oli CVA.

Sekadar informasi, model sasis CC-01 Cross Country ini juga dipakai untuk model jip lainnya seperti FJ 40, Ford Bronco dan Mercedes-Benz Unimog. Jadi speknya memang buat main-main di ‘trek tanah’ alias off road.

Satu set mainan ini belum termasuk baterai dan charger, remote control 2 channer serta catnya. Namun di dalam paketnya sudah dilengkapi electronic speed controller, motor/dinamo, girboks, serta unit pengaturan lampu LED.

Kalau warnanya ingin sesuai dengan gambar pada dusnya, setidaknya butuh sekitar 5 warna dari cat semprot Tamiya seperti putih, racing green 2 tipe, warna smoke dan semi gloss black. Ini belum termasuk cat akrilik untuk lampu-lampu.

Di situs Tamiya satu unit model kit ini dijual seharga USD 329. Di Indonesia sudah ada yang punya?