09 Jan 2019
BMW

Dibuat hanya 2 unit saja, BMW 1600 GT Cabrio ‘dibangkitkan’ kembali oleh para pekerja magang di pabrik BMW di Dingolfing, Bavaria, Jerman.

Selain desainnya yang unik, BMW 1600 GT Convertible punya cerita unik. Sekitar tahun 1960-an BMW menugaskan desainer Itali, Pietro Frua untuk membuatkan dua prototipe mobil convertible.

BMW

Kedua prototipe ini selesai dikerjakan di pabrik BMW di Dingolfing tahun 1967. Namun saat sesi pengetesan jalanan, salah satunya mengalami kecelakaan dan akhirnya dibelah.

Sedangkan unit satunya lagi, nasibnya lebih beruntung. Ia lantas menjadi 1600 GT convertible satu-satunya.

BMW

Mobil yang kemudian dimiliki oleh salah satu pemegang saham mayoritas BMW, sempat dibawa ke acara peragaan busana di Munich. Lantas berpindah tangah ke Allianz Center of Engineering.

Proyek restorasi pun kemudian dilakukan saat mobil ini masih di Allianz Center, sampai suatu saat BMW membelinya dari Allianz dan membawanya kembali ke untuk mengembalikan kondisi mobil kembali.

BMW

Menurut BMW, “Proyek restorasi yang dilakukan di pabrik Dingolfing ini menjadi bagian dari tugas khusus untuk para pekerja magang yang dapat menginspirasi mereka untuk menjadi mekanik kontruksi bodi terbaik.”

BMW

BMW 1600 GT Convertible satu-satunya ini diberi kelir silver dengan interior merah dan kanvas merah seperti foto pertama kalinya.

Dan setelah 51 tahun sejak diproduksi, akhirnya sedan empat penumpang ini diperbolehkan untuk dikendarai di jalan umum.