08 Dec 2018
Suryanation

Banyak sekali karya seni yang dihasilkan para seniman dari Pulau Dewata, Bali, termasuk juga karya motor custom-nya.

Seperti yang satu ini, Suzuki Thunder 250 cc milik I Made Hendra Prasetya yang berubah penampilannya hingga berwujud old school chopper.

Penampilan yang ekstravagan dan ‘clean’ ini membuat Thunder ini dinobatkan menjadi Best of The Best Suryanation Motorland Battle Denpasar, beberapa bulan lalu di Bali.

Motor bikinan bengkel Suhenk Garage, Panjer, Denpasar ini dibuatkan ala Chopper tahun 70-an.

SuryanationUntuk mewujudkan konsep ini, maka sasis atau frame dibuat baru, dengan bagian buritan model rigid ciri khas chopper, serta posisi jok yang rendah mendekati roda belakang.

Untuk bagian depan, Thunder ini mengggunakan shockbreaker model springer yang tak hanya memberikan kesan ramping namun juga elegan.

Suryanation

Springer tersebut seakan mendapatkan kombinasi yang sempurna, lantaran dipadukan dengan setang mungil yang lengkap dengan 2 buah lampu utama.

Tangki bensin juga ikutan dibikin kecil untuk menguatkan kesan Chopper tahun 1970-an. Asal tahu saja, bentuknya yang mungil, hanya mampu diisi bbm sebanyak 3 liter saja.

Di belakang tangki, dibuatkan jok kurus model custom cobra seat yang memanjang hingga spakbor belakang.

Untuk kaki-kaki agar menyesuaikan konsep, Hendra memilihkan pelek 21 inci di bagian depan  yang dilapis ban Avon Tire 3.00-21. Serta pelek 18 inci di bagian belakang, yang dilapis alas karet Fuckstone 4.50-18.

Suryanation

Padu padan dengan motor lain dilakukan juga pada kaki-kaki, seperti tromol depan custom dan bagian belakang menggunakan milik Yamaha Jupiter MX.

Sebagai penyelesaian akhir, satu bodi motor diberi kelir warna navy blue. Tangki juga diberikan sentuhan airbrush motif flame (api) warna silver agar beri kesan nakal namun elegan.

Untuk pengerjaannya diklaim habiskan waktu sekitar 3 bulan dengan biaya sekitar Rp 30 jutaan. Keren yak!