07 Dec 2018

Bagi anak yang lahir tahun 1960 hingga 1970-an, mungkin sempat mengenal merek sepeda Schwinn. Di era tersebut, sepeda ini termasuk salah satu koleksi anak-anak kaum berada.

Salah satu model yang terkenal adalah Schwinn Sting-Ray. Pada zamannya, desainnya termasuk paling banyak disuka.

Diproduksi dari tahun 1968 hingga 1973, tersedia beberapa nama tergantung warna, seperti Orange Krate, Lemon Peeler, Apple krate dan Pea Picker.

Ketika zaman itu, anak-anak di daerah California sedang gandrung memodifikasi sepeda mereka agar terlihat seperti motor, Schwinn mencuri perhatian.

Sepeda Schwinn Sting-Ray dibekali ban berukuran 20 inci (belakang) dan 16 inci (depan), sadel yang panjang (banana seat) dengan sissy bar, springer fork serta setang ala ape hanger.

Sepeda ini masih menganut rem belakang sistem coaster, dan setang yang lebar agar mudah dibikin ‘standing’ alias wheelie.

Nama Sting-Ray juga dipakai agar terkesan berhubungan dengan model Corvette tahun 60-an. Zaman itu, Sting-Ray juga punya arti lain, yakni kaum muda di pinggiran kota.

Nah, baru-baru ini Schwinn mengumumkan untuk memproduksi ulang model Sting-Ray berwarna merah yang disebut Apple Krate.

Program ini dibikin dalam rangka ulang tahun Schwinn Apple Krate yang ke-50.

Walaupun produksi ulang, Schwinn ternyata tak ingin buat dengan kapasitas yang banyak. Sting-Ray Apple Krate ini nyatanya hanya dibuat 500 unit saja.

Sepeda yang juga punya ikon sebagai ‘American Iron’ ini dijual melalui situs jual beli Amazon.com, dengan harga USD 499.95, atau sekitar Rp 7,5 juta.

Pembeli sepeda ini selain mendapatkan satu unit sepeda, diberikan juga sertifikat, buklet spesial serta pin ulang tahun ke-50.

Suka desain sepeda ini? Wah, jangan sampai kehabisan deh.