29 Dec 2018
Carscoops.com

Acara lelang paling terkenal di dunia, The Barret-Jackson Collector Car Auction, rencananya akan digelar bulan Januari 2019 mendatang di Scottsdale, Arizona, Amerika.

Salah satu item lelang yang bakal menarik perhatian para kolektor mobil adalah sebuah Ford Model A hot rod yang telah dimodifikasi total.

Dikutip dari laman situs carscoops.com, pemilik Ford Model A custom ini adalah Dale Stewart, pemain bass band metal, Seether asal Afrika Selatan.

Carscoops.com

Ford Model A tahun 1930 ini dimodifikasi total oleh rumah modifikasi Classic Car Studio. Walau basisnya dari mobil tua, namun dibangun total seperti mobil baru keluaran pabrik.

Atapnya sudah di-choptop, ketinggian bodi dibikin rebah dan duduk dalam sasis custom.

Carscoops.com

Kantor lelang Barret-Jackson bilang kalau setiap panel interiornya termasuk dasbor dan jok dibikin manual dengan tangan alias handmade.

Bodinya yang dibiarkan tanpa warna, dan berkesan bare metal ini, juga jadi inspirasi saat membuat komponen-komponen interior. Namun yang menarik, semua baut dan rivet dalam kabin diberi warna emas, sehingga terlihat kontras.

Carscoops.com

Dasbornya didesain minimalis, termasuk lingkar setir berdesain unik, tak ketinggalan jok dari pelat besi dengan aksen lubang-lubang.

Selain pilarnya dibikin ‘choptop’ atau pendek, bagian atap juga dilubangi, dan diberi rusuk melintang dari bahan kayu.

Dapur pacunya juga paling terlihat gahar, ia dibekali mesin Hemi V8 5.4 Liter yang diberi doping supercharger Weiand 671.

Untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang, mengandalkan transmisi otomatis. Spek gearnya pakai John’s Industries Ford Ring and Pinion 9 inci dengan rasio gigi 4.10.

Tak ada informasi pasti mengenai tenaga maksimal yang bisa keluar dari mesin ini. Yang pasti mobil ini menggunakan konstruksi kaki-kaki khas hot rod seperti I-beam drop berukuran 5 inci (axle depan), split wishbone dan pengereman ‘drum’ alias tromol model Lincoln.

Pada bagian kaki belakangnya, menggunakan sistem 4-link suspensi coilovers adjustable.

Untuk rodanya dipakaikan kombinasi pelek ‘Smoothie’ ukuran 18 inci (depan) dan 20 inci (belakang) yang dibalut ban khas traditional hot rod, Firestone Deluxe Champion.

Pemenang lelang, nantinya selain memenangkan mobil hot rod ini, ia juga bakalan dapat gitar bass bertandatangan Stewart, yang ia pakai konser keliling dunia. Ada yang minat?