06 Dec 2018

Motor custom bergaya chopper ini sejatinya dibangun sekitar tahun 1990-an. Puluhan tahun di gudang, tertumpuk barang-barang lain, kini dihidupkan kembali.

Gaya chopper custom tahun 90-an ini bisa jadi salah satu saksi sejarah tren custom di Indonesia.

Begini ceritanya. Saat menyambangi bengkel restorasi mobil retro milik Pakde Bei Budiono, diperlihatkan pemandangan yang tidak biasa.

Sosok motor bergaya chopper berada di antara mobil-mobil peliharaan Pakde Bei. Jarang sekali terjadi.

“Ini milik sahabat saya, bertahun-tahun diam di gudang, sekarang direstorasi saja, padahal sempat mau dijual kiloan,” kata Pakde Bei Budiono yang penyuka mobil dan motor orisinal.

Kembali fokus pada motor, Kawasaki Binter KZ200 kelahiran 1983 ini milik Hendra Puputan.

Hendra yang juga pehobi motor, memang ‘menelantarkan’ motor custom ini cukup lama, “Mungkin sudah tidak dipakai sejak tahun 97-an ya, berarti lebih dari 20 tahun,” kata Pakde Bei.

Beberapa waktu lalu, Hendra baru teringat kalau masih memiliki motor custom bergaya chopper ini, “Rasanya pengin nostalgia lagi, dulu dipakai saat zaman susah, bahkan pernah dipakai buat ikut kampanye tahun 90-an,” kata Hendra.

Dijelaskan Hendra, tahun 90-an gaya motor ini termasuk trendy, bahan modifikasi untuk chopper, saat itu sangat terbatas, salah satunya Kawasaki Binter KZ200 ini, “Kalau tidak salah dulu bangun motornya di bengkel ‘Babe’ daerah Tebet,” lanjutnya.

Gaya chopper yang dianut juga mengikuti tren pada zamannya. Ciri-cirinya, setang tinggi, tangki bensin besar dengan panel di bagian tengah, spakbor belakang besar gaya ekor itik dan sissy bar.

Pakde Bei Budiono yang bertugas menghidupkan kembali motor ini juga tak mengutak-atik konsep serta gayanya. Yang ia lakukan adalah mengembalikan kondisinya kembali segar.

“Sasis dan bodi dicat ulang, kelistrikan baru, kabel diset ulang, beberapa bagian di-krom ulang termasuk sissy bar, jeroan mesin dibikin sehat, sampai STNK juga dihidupkan,” jelas Pakde Bei yang tinggal di Melati Mas, Serpong, Tangerang Selatan.

Memang kalau dibandingkan gaya custom chopper saat ini yang bervariatif, penampilan chopper ini tak terkesan ekstravagan. Namun Hendra memang sengaja menjaga penampilannya sama seperti saat motor ini pertama kali dimodifikasi.

Inilah mungkin yang dinamakan ‘Chopper Nostalgia’.