07 Sep 2018

Pernah tahu kan namanya Segway? Otopet bermesin listrik yang pergerakannya dibantu alat pengimbang yang disebut Giroskop. Jadi pergerakan kendaraan ini tergantung kemiringan badan pengendaranya. Paling sering terlihat ya di bandara, sebagai alat patroli petugas bandara.

Nah, buat para pencinta dan fanatik skuter atau Vespa, ada model seperti ini. Mereknya bukan Segway, melainkan Z-Scooter.

Z-Scooter ini adalah produk bikinan perusahaan asal Spanyol, Bel&Bel. Mereka klaim Z-Scooter ini menjadi first self balancing scooter. Cara berkendaranya mirip dengan Segway, hanya bentuknya skuter klasik.

Ia menggunakan baterai litium dari Tesla Model S Super Litium yang diklaim lebih awet dalam pemakaian.

Walaupun desainnya seperti Vespa atau skuter klasik namun teknologi yang disematkan termasuk canggih.

Skuter ini bisa dipisah jadi dua bagian agar memudahkan untuk penyimpanan atau dibawa menggunakan kendaraan lainnya.

Dua ban mungil di sisi kiri dan kanan, dipakaikan merek Michelin yang punya fitur pengurang vibrasi, sehingga membantu akurasi dan kenyamanan dalam pergerakannya.

Z-Scooter ini punya bobot sekitar 25 kg dan lebar sekitar 60 cm, pengisian baterai menggunakan teknologi fast charging antara 3-4 jam. Beberapa pengaturan tambahan juga bisa menggunakan teknologi bluetooth untuk terkoneksi lewat ponsel Android atau Apple.

Dirancang untuk dikendarai satu orang, Z-Scooter punya beban maksimum 100 kg, dengan kecepatan maksimum hanya 20 km/jam, dengan sudut inklinasi maksimum 20 derajat. Skuter ini juga mampu menempuh jarak 25-30 km. Soal harga, mengintip dari z-scooter.com, harganya sekitar 5.950 Euro.

Z-scooter juga menawarkan banyak opsi modifikasi atau aksesori penambah kece penampilannya. Bahkan di akun instagramnya, Z-scooter sudah membuat satu unit dengan bodi transparan. Gokil ya!

Foto: Z-scooter