Jakarta Custom Culture Event 27 - 28 Oktober 2018 | Gambir Expo - JIExpo Kemayoran
Jakarta Custom Culture Event 27 - 28 Oktober 2018 | Gambir Expo - JIExpo Kemayoran
02 Apr 2018

Seri pameran dan kompetisi modifikasi Indonesia Automodified (IAM) 2018 berlanjut ke kota Banyuwangi yang digelar pada Sabtu-Minggu, 31 Maret-01 April kemarin.

Pada seri ini, sistem kompetisi baru yang baru diperkenalkan oleh panitia, yaitu sistem “Players” dan “Tuners”.

Dari total hampir 160 awards di IAM, pemisahan “Players” dan “Tuners” akan diberlakukan di sekitar 80 awards, dimulai dari level Kategori D (Best Type of Car Awards) dengan award diantaranya 4×4 Off- Roader, City Car, Compact Car, 3-Door Hatchback, MPV, dan sebagainya, hingga level kategori tertinggi King of Indonesia Automodified. Batasan-batasan teknis untuk masing-masing kelas terdapat dalam poin-poin berikut:

Players
Modifikasi bersifat Free-For-All (FFA), namun tetap mengacu kepada peraturan umum; tidak diperbolehkan untuk melakukan perubahan (penambahan maupun pengurangan) jumlah sumbu roda (axle) maupun jarak sumbu roda depan-belakang (wheelbase)

Tuners

  1. Minimal/sedikitnya harus terdapat 1 ubahan besar (major) di dua sektor. Contoh: Penggantian velg (sektor undercarriage), beserta pengecatan ulang/repaint (sektor paint), ditambah 1 ubahan kecil (minor) di sektor lain dan bukan bawaan/optional dari pabrik.
  2. Tidak diperbolehkan untuk melakukan perubahan (penambahan maupun pengurangan) jumlah sumbu roda (axle) maupun jarak sumbu roda depan-belakang (wheelbase).
  3. Tidak diperbolehkan untuk melakukan body conversion, maupun penggantian bentuk lampu depan dan belakang (modifikasi detail bagian dalam lampu diperbolehkan).
  4. Tidak diperbolehkan untuk menghilangkan maupun memodifikasi pilar A, B, C dan D (bila terdapat pada kondisi standar), termasuk modifikasi chop-top.
  5. Tidak diperbolehkan untuk melakukan modifikasi pada engsel dan pengait kap, pintu, dan pintu bagasi, termasuk diantaranya modifikasi scissor door (pintu gunting), suicide door, dan lain sebagainya.
  6. Tidak diperbolehkan untuk menambahkan sistem motorized kecuali pada pintu bagasi belakang

Disamping batasan-batasan tersebut, untuk kategori tingkat tinggi, penilaian tetap akan dilakukan dengan mempertimbangkan kualitas dan kelengkapan modifikasi pada keseluruhan 8 sektor yang meliputi Overall Build, Exterior, Paint, Engine, Undercarriage, Interior, Car Audio&Video, serta Presentation.

Pada putaran kedua yang akan berlangsung di Gedung Wanita Paramitha Kencana ini, puluhan mobil modifikasi telah mendaftarkan diri untuk mengikuti pameran dan kompetisi mobil modifikasi International Automodified (IAM), Daihatsu Dress-up Challenge, serta kompetisi audio mobil HIN Sound&Style yang diselenggarakan bekerjasama dengan CAN (Car Audio Network) Indonesia, ditambah dengan Special Class dari Autovision Autolightup, serta Dominations Audio.

Peserta tidak hanya datang dari kota Banyuwangi, tetapi juga kota-kota disekitarnya seperti Surabaya, hingga Denpasar, Bali, secara perorangan maupun tergabung dalam klub diantaranya Exflow, Xrules, Revenge, CBK, KOGxRealfam, Java Sound, TKCI, MOC Bali, Fandy, Viriya, Regeneration, BSpeed, MJ Garage Bali, Anugerah Speed, VB, HBC Banyuwangi, Bonjour, Customized Bali, MAXXIO, AXIC, dan lain-lain.

Para peserta akan berkompetisi untuk memperebutkan lebih dari 160 awards di tiap-tiap seri penyelenggaraan IAM, dan selanjutnya, mobil-mobil yang berhasil meraih awards tersebut akan mendapatkan poin ELITE, yang merupakan pengumpulan poin bersistem klasemen (championship).

Poin ELITE bersifat akumulatif dari seluruh kota penyelenggaraan IAM 2018 di Indonesia, untuk memperebutkan hadiah berupa uang tunai Rupiah senilai equivalen USD1 untuk tiap poin yang dikumpulkan (minimal memiliki 2000 poin). Selain dapat ditukarkan menjadi USD, Elite point yang berhasil dikumpulkan peserta juga dapat ditukarkan menjadi berbagai merchandise / produk menarik, hingga putaran final yang akan berlangsung di Jakarta pada akhir tahun.