Jakarta Custom Culture Event 27 - 28 Oktober 2018 | Gambir Expo - JIExpo Kemayoran
Jakarta Custom Culture Event 27 - 28 Oktober 2018 | Gambir Expo - JIExpo Kemayoran
14 Apr 2018

Seri pameran dan kompetisi modifikasi satu-merek terbesar di Indonesia yang digelar sebanyak total 17 seri, Daihatsu Dress-up Challenge, berlanjut ke kota Yogyakarta bersamaan dengan ajang Indonesia Automodified (IAM) mulai hari ini, Sabtu hingga Minggu (14-15/04) di Jogja Expo Center.

Puluhan mobil modifikasi bermerek Daihatsu dari berbagai jenis, tipe, dan tahun pembuatan dipastikan akan memenuhi Jogja Expo Center untuk berkompetisi menjadi yang terbaik di seri DDC Jogjakarta tahun ini. Sebagai kompetisi berskala nasional, kompetitor yang datang tidak hanya dari Jogjakarta saja, melainkan juga dari kota-kota lain di Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga ibukota Jakarta.

Namun demikian, selain untuk berkompetisi, puluhan peserta yang datang sebagai perorangan maupun tergabung dalam berbagai klub diantaranya MAXXIO (beranggotakan mobil Daihatsu Granmax dan Luxio), CAI (Daihatsu Ayla), DTJJ, DTC, TO (Daihatsu Taruna), DXIC, MAXI, XENZACY, AXS, (Daihatsu Xenia), SIC, CROW J (Daihatsu Sirion), dan masih banyak lagi, juga memanfaatkan event ini sebagai ajang berkumpul bagi para anggotanya.

Animo dan jumlah peserta mobil modifikasi bermerek Daihatsu yang cukup tinggi tersebut adalah wajar, mengingat Daihatsu merupakan kendaraan yang semakin diminati oleh masyarakat dari berbagai lapisan di Indonesia, dan tak jarang, pemilik Daihatsu mendandani atau melakukan modifikasi pada mobil Daihatsu yang dimilikinya sebagai suatu cara individualisasi atau personalisasi.

Ubahan tersebut sangat beragam, terwujud dalam berbagai aliran modifikasi, dari tahap ringan hingga ekstensif. Secara konsisten mewadahi kreatifitas dan upaya dari para pemilik Daihatsu tersebut, tahun ini Astra Daihatsu Motor kembali bekerjasama dengan HIN Promosindo, yang telah berpengalaman sejak 2001 dalam menyelenggarakan berbagai pameran dan kompetisi modifikasi, diantaranya Indonesia Automodified (IAM), Hot Import Nights (HIN) dan Autoblackthrough (ABT), untuk melaksanakan Daihatsu Dress-up Challenge (DDC) 2018. DDC terbuka bagi semua mobil Daihatsu yang dikeluarkan oleh Astra Daihatsu Motor tanpa dibatasi jenis maupun tahun pembuatannya, untuk memperebutkan total hadiah sepanjang tahun 2018 senilai 166 Juta Rupiah.

Walaupun dapat diikuti oleh mobil Daihatsu modifikasi dari berbagai tipe dan tahun pembuatan, dan dari taraf modifikasi yang ringan hingga berat, ada beberapa syarat utama yang tidak boleh dilangkahi, diantaranya bahwa mobil tersebut harus layak jalan (mesin, lampu-lampu utama dan pendukung tetap hidup, dan lain-lain), berikut perangkat safety yang harus tetap terpasang. Sebagai kompetisi besutan Agen Pemegang Merek, mobil kompetitor juga tidak boleh menghilangkan identitas dan bentuk sebagai mobil Daihatsu.

Bila di tahun-tahun sebelumnya dipilih 5 mobil Daihatsu terbaik di setiap seri (dapat terdiri dari berbagai tipe mobil Daihatsu), di tahun ini, DDC dihadirkan dengan sistem kompetisi baru, yang akan memilih 2 mobil modifikasi terbaik (Best dan Runner-Up) untuk tiap-tiap model Daihatsu yang diedarkan oleh Astra Daihatsu Motor saat ini, yaitu Sirion, Ayla, Xenia, Sigra, Granmax/Luxio, Terios, maupun kelas FFA yang diperuntukkan bagi mobil keluaran Daihatsu Indonesia yang sudah tidak lagi diedarkan.

Disamping itu, masih ada pula Daihatsu Club Championship yang merupakan klasemen klub mobil Daihatsu pengumpul point terbanyak, dihitung dari setiap mobil yang mengikuti dan menjuarai Daihatsu Dress-up Challenge di setiap seri penyelengaraan.

“Antusiasme penyuka modifikasi mobil setiap tahunnya mengalami peningkatan, oleh sebab itu acara Daihatsu Dress-up Challenge terus diselenggarakan supaya menjadi wadah penyaluran kreatifitas modifikator Indonesia, dan penyuka modifikasi bisa lebih dekat dengan Daihatsu,” tutup Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor.