03 Jan 2018

Ducati 900SS lansiran 1995 masih menjadi incaran sejumlah builder untuk bereksperimen, termasuk bagi Old Empire Motorcycles yang memodifikasi motor sport tersebut menjadi sebuah track racer yang berparas klasik, namun tetap gahar.

Meski tampilan fisik berubah total, namun rumah modifikasi ternama di Inggris tersebut masih mempertahankan komponen mesinnya, terutama pendingin udara menjadi pendingin mesin 904 cc L-twin yang masing-masing silinder mendapat asupan melalui katup Desmodue ganda.

Setelah memastikan bagian yang akan dipertahankan, para teknisi lantas mengganti crankcase (bak mesin) yang dicopot dari Ducati 851. Mereka juga mengakali sistem pembuangan yang dialihkan ke samping agar ruang di bagian belakang lebih luas dengan memasang knalpot ganda stainless steel racikan Chriss Tullet.

Sedangkan untuk sasis motor, sudah jelas diubah besar-besaran demi mendapatkan gaya track racer. Perombakan mencakup bagian bingkai chell-molibdenum stok chrome untuk membuat ‘hardtail’.

Selain itu, garpu girder single-sprig custom dipadukan dengan sasis hardtail yang mempertegas kesan klasik pada motor yang diberi nama Typhoon ini. Pemberian nama sendiri terinspirasi dari pesawat tempur Inggris yang legendaris yang juga bernama sama.