09 Oct 2017

Sukses di deretan sepeda motor modern-klasik, Triumph kembali menambah kekuatannya lewat model baru Bonneville Speedmaster. Identik sebagai motor cruiser bergaya klasik-modern, Speedmaster dibangun dari sasis Bobber dan didukung mesin Bonneville 1200 HT.

Mesin V8 vertical parallel-twin berpendingin cairan yang ditopang rangka keras tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga 76 hp pada 6.100 rpm dan torsi 106 Nm pada 4.000 rpm, yang disalurkan dari transmisi 6-percepatan.

Dengan demikian, Speedmaster model 2018 jelas memiliki tenaga jauh lebih baik karena 42 persen torsinya lebih nendang dibanding generasi Speedmaster sebelumnya, dan 10 persen dari model Triumph Bonneville T120 saat ini.

Paket tenaga yang mumpuni itu didukung dengan kenyamanan kala berkendara jauh. Apalagi Speedmaster juga dipenuh dengan berbagai kontrol berkendara, cruise, kontrol traksi, ABS hingga pilihan 2 mode berkendara yaitu Road dan Rain.

Belum selesai di situ, penambahan subframe belakang untuk jok penumpang yang tebal dan lembut, juga pijakan kaki menjadi tawaran yang sangat baik untuk kenyamanan berkendara jauh. Ini menjadi yang pertama pada platform Bobber.

Termasuk lampu LED-DRL dan tangki lebih besar dari sebelumnya yakni 12 liter, tentu bisa menambah jarak perjalanan yang akan direncanakan.

Triumph juga memanjakan konsumennya lewat 130 unit aksesori di semua bagian, sehingga bisa diatur sesuai selera. Belum ada informasi harga, namun untuk pasar Inggris sudah tersedia di diler pada 1 Maret 2018.

Spesifikasi Triumph Bonneville Speedmaster

Mesin 1200 cc liquid-cooled 8V parallel-twin

Bingkai Tubular steel twin cradle

Tinggi kursi :705mm

Suspensi : 41mm non-adj KYB fork (depan), monoshock KYB preload-adjustable (belakang)

Rem : cakram kembar 310 mm, kaliper 2-piston Brembo (depan), dan disk tunggal 255 mm, kaliper Nissin satu piston (belakang).

Tangki 12 liter

Berat 245.5 kg

 

Sumber: dapurpacu