Jakarta Custom Culture Event 27 - 28 Oktober 2018 | Gambir Expo - JIExpo Kemayoran
Jakarta Custom Culture Event 27 - 28 Oktober 2018 | Gambir Expo - JIExpo Kemayoran
30 Oct 2017

Memiliki hobi otomotif tidak hanya bergelut dengan kendaraan mobil dan motor dalam ukuran sesungguhnya. Saat ini, tumbuh pula komunitas para kolektor pencinta miniatur (Diecast) di Indonesia yang tidak hanya digemari oleh kalangan anak–anak namun juga merambah ke usia dewasa.

Adalah lahirnya sebuah wadah berkumpul yang mereka sebut Honda Civic Diecast Indonesia (HOCIDI) – komunitas pengemar diecast yang lahir dari kecintaan akan sebuah model kendaraan Honda Civic. HOCIDI baru saja secara resmi mendeklarasikan dirinya di bilangan Jakarta Selatan, Kamis lalu (26/10).

“Rencanaya HOCIDI akan dideklarasikan pada pagelaran di Indonesia Diecast Expo 2017 (IDE) yang berlangsung di Balai Kartini akhir minggu ini, namun kita ada pertimbangan dengan kesibukan para anggota HOCIDI masing-masing, jadi kita mengambil deklarasi pada H-2 event IDE 2017,” ujar Henry Haliem sebagai pencetus berdirinya HOCIDI.

Lanjut Haliem, “Dideklarasikan HOCIDI mengkhususkan bermain di Honda Civic, saya melihat sejak 2013 menggeluti dunia diecast dari saya main sampai sekarang, saya tidak melihat belum ada komunitas resmi diecast Honda Civic di Indonesia, sedangkan dari empat kali event IDE, diecast Honda Civic selalu populer di kalangan diecaster.”

Sementara itu, melihat antusias yang sangat besar bagi kalangan diecaster Honda Civic, HOCIDI berencana dalam waktu dekat akan mengadakan road show ke beberapa kota di Indonesia, seperti Bandung serta Solo dan kota – kota lain akan menyusul selanjutnya.

Latar belakang HOCIDI sendiri terbentuk awal dari keisengan membuat komunitas di Facebook pada Maret lalu. Tambahnya, dalam dua hari sejak grup berdiri para anggota telah mencapai seribu orang, hingga saat ini HOCIDI memiliki anggota sebanyak 3,700 member yang tersebar di seluruh Indonesia.