29 Sep 2017

Merek motor asal Inggris, Scomadi, membuat sebuah terobosan unik dengan memproduksi skuter bertampang retro yang dibekali dengan mesin 400 cc.

Sejak diperkenalkan dalam ajang EICMA tahun lalu, motor prototipe tersebut kini sudah memasuki tahap produksi massal.

Demi mewujudkan ambisi itu, Scomadi menggandeng distributor pemasok mesin untuk mengakuisisi semua peralatan yang dibutuhkan untuk memproduksi crankcase Moto Morini 400 cc dengan transmisi otomatis, lengkap dengan paten desainnya.

Nah, hal inilah yang membuat Scomadi selangkah di depan untuk memproduksi mesinnya sendiri. Nantinya, mesin tersebut terus dikembangkan, mulai dari pengabutan karburator menjadi mesin injeksi.

Proses transformasi dari prototipe menjadi model produksi sedang dikebut, termasuk menyesuaikan emisi gas buang agar lulus standar Euro4. Target siap sekitar awal 2018 mendatang.

Tahun lalu, juga di EICMA, Scomadi memamerkan motor klasik 250 cc. Model ini saat ini sedang mendapat evaluasi di sektor mesin, salah satunya memikirkan alternatif menggunakan mesin skuter Aprilia 200 cc.

Scomadi pun sedang berusaha keras untuk merevisi sasis agar pas untuk mesin baru, berbagi banyak komponen berteknologi tinggi, termasuk ECU processor dari Magnetti Marelli 16 bit.

Model ini pun juga akan disesuaikan kadar emisinya agar lulus uji standar Euro4, dan meluncur bersamaan pada 2018 dengan model 400 cc.