01 Aug 2017

Diantara sekian banyak mobil off-road yang pernah ada, dunia mengenal Toyota Land Cruiser FJ40 sebagai salah satu SUV 4×4 dengan kaki-kaki dan mesin terkuat. Maka tidak mengherankan jika mobil bekasnya pun masih menjadi buruan para kolektor.

Di Amerika Serikat, seorang pria bahkan hanya membawa bongkahan ‘rongsok’ Toyota Land Cruiser FJ40 lansiran 1972 pada rumah modifikasi FJ Company dengan kondisi tanpa mesin. Hanya saja, ia menyertakan sebuah diecast FJ40 buatan Tonka yang akan diinginkan sebagai hasil akhir modifikasi.

“Waktu datang kondisinya tidak ada mesin. Pria itu hanya menginginkan hasil akhir mobil seperti diecast yang dibawanya,” ujar pihak FJ Company seperti dilansir dari Gearpatrol.

Sempat kebingungan dengan dapur pacu yang akan digunakan, para kru akhirnya mengerjakan penguatan terhadap rangka dan memperbaharui kaki-kaki mobil. Body dibentuk ulang dan dibubuhi aksesoris khas FJ40 versi 1972, seperti kaca spion bertangkai panjang, grill, sepasang sein, tail ligh bundar serta handle pintu dan jendela.

Karena berpijak pada diecast, mereka lantas mengubah bumper depan dan belakang dengan model ARB yang memiliki LED pada bagian tengahnya. Pun begitu dengan kondisi interior yang menggunakan Corbeau Sport Seats dan arm rest di kursi pengemudi. Sementara blower AC memakai model jadul untuk memperkuat kesan retro klasik.

Untuk atap, rumah modifikasi asal Miami itu mengenakan bahan kanvas demi memperkuat kesan mobil off-road klasik. Sementara bodi eksteriornya menggunakan cat glossy warna orange metalic yang elegan, sesuai dengan warna diecast yang dibawa sang pemesan mobil.

Setelah menyelesaikan bagian fisik, FJ Company memilih mesin 3F-E dari Toyota yang telah direstorasi sebagai jantung mekanik mobil yang dipadukan dengan transmisi manual lima percepatan, sehingga mobil masih bisa dikendarai dengan nyaman saat melintasi medan jalan raya. Selain itu, mobil kustom ini kian menarik karena sudah menggunakan power steering dan suspensi baru dari Old Man Emu racikan Australia.