23 Aug 2017

Shelby American mengumumkan rencana mereka untuk memenuhi keinginan Carroll Shelby untuk merakit sebuah “senjata rahasia” menyongsong ajang 24 Hours of Le Mans.

Menurut perusahaan tersebut, Shelby meminta seorang perakit untuk memperpanjang sasis salah satu Daytona Coupe-nya pada tahun 1964. Ruang tambahan tersebut memungkinkan Shelby mengganti mesin V8 4.7 liter standar dengan unit big block yang terinspirasi oleh NASCAR.

Shelby bermaksud menggunakan mobil tersebut untuk berkompetisi di 24 Hours of Le Mans tahun itu, namun nasibnya kurang beruntung karena truk yang mengangkut kendaraan tersebut terlibat dalam sebuah kecelakaan. Tabrakan tersebut juga merusak Daytona Coupe dan tidak bisa diperbaiki pada waktunya untuk balapan.

Kendaraan itu tidak pernah terlupakan dan kini Shelby American akan membangun 6 model kelanjutan dengan spesifikasi yang sama seperti mobil balap aslinya. Semuanya akan memiliki bodi aluminium dengan sasis dan kap yang telah diperpanjang 3 inch.

Perusahaan juga akan memasang mesin big block 427 yang bersumber dari Shelby Engine Company. Mesin ini akan menghasilkan tenaga lebih dari 550 Hp dan akan dipasangkan dengan transmisi manual 4 percepatan.

Dalam sebuah pernyataan, CEO Shelby American, Joe Conway mengatakan “Kami menangani beberapa ‘bisnis yang belum selesai’ untuk Carroll Shelby. Kami berencana untuk menyelesaikan program menakjubkan dengan menawarkan 6 unit mobil balap Daytona Coupe, yang merupakan jumlah yang sama seperti versi small block yang dibangun pada 1960-an.

Sekadar informasi, model pertama telah ditunjukkan pada Rolex Monterey Motorsports Reunion di Laguna Seca.