Jakarta Custom Culture Event 27 - 28 Oktober 2018 | Gambir Expo - JIExpo Kemayoran
Jakarta Custom Culture Event 27 - 28 Oktober 2018 | Gambir Expo - JIExpo Kemayoran
09 Aug 2017

Pada masanya, Nazi dibawah kepemimpinan Adolf Hitler sempat mencicipi manisnya kejayaan. Bahkan, mereka bisa mengembangkan sepeda motor yang cukup dikenal pada zaman tersebut. Itulah yang tercermin dari NSU 601 OSL.

NSU merupakan nama pabrik pembuat motor yang diambil dari nama sebuah kota di Jerman, yakni Neckarsulm. Uniknya, NSU saat pertama kali berdiri (1873) menasbihkan diri sebagai pabrik tekstil. Namun seiring dengan event balap motor yang melanda Eropa dan Amerika pada 1901, NSU pun banting stir menjadi produsen sepeda motor.

Awal kejayaan NSU dimulai pebalap Inggris Martin Geiger menggunakan NSU di Isle of Man TT, meskipun hanya bertengger di urutan kelima balapan. Perlahan tapi pasti, NSU memasuki masa emasnya dalam periode 1930-1950.

Salah satu model yang termasyur pada masa itu adalah NSU 601 OSL yang dirilis pada tahun 1938. Kata OSL berarti Overhead Racing Luxury, mesin berkapasitas 562 cc yang menghasilkan 24 daya kuda dengan torsi 3.800 rpm.

NSU 601 OSL dilengkapi Bosch Magnito dan karburator Amal. Bertransmisi 4 percepatan dengan kopling multi plat. Bagian belakang rigid tanpa suspensi dan rangka tubular. Untuk perangkat rem masih menggunakan tromol. Berat motor mencapai 185 kg dan tangkinya berkapasitas 12 liter cukup menjelajah sejauh 240 km.

NSU 601 OSL sejatinya produk sepeda motor non militer dengan kepala silinder berbahan aluminium dan knalpot berlapis krom yang terlihat berkelas pada masanya. Tetapi ketika para petinggi Nazi tertarik dengannya maka akhir 1930-an, Partai milik Hitler itu memerintahkan pembuatan NSU 601 versi militer. Dengan ciri utama adanya jok pembonceng, 2 tas pannier dan knalpot hitam. Tugasnya untuk kurir dan pengawalan petinggi Wermacht (Angkatan Perang Nazi Jerman). Kecepatan puncaknya 130 km/jam, cukup cepat pada masa itu.

Sayang, seiring runtuhnya dinasti Hitlet, merosot pula kiprah NSU di belantika otomotif dunia. Pabrikannya NSU Motorenwerke AG dari Jerman sudah tak dikenal lagi, karena sejak 1969 sudah dilebur menjadi Audi bersama Auto Union AG, Audi sendiri dan Volkswagen. Jadi NSU sudah menjadi bagian dari salah satu lingkaran logo Audi.