12 Aug 2017

Siapa saja yang memiliki motor BMW Motorrad, tentunya akan merasa takjub dan tak tahan untuk segera memacu kecepatannya. Tapi, seorang pria pemilik BMW R1200GS malah merasa kurang dengan tarikannya meskipun motor adventure tersebut sudah bermesin 1.200 cc.

Trev Richter, sang pemilik motor, berhasrat untuk menjadikan kuda besinya itu bukan hanya lebih bertenaga, namun juga jadi yang tercepat di dunia untuk BMW R1200GS. Targetnya cukup gila, ia menginginkan laju motor dengan kecepatan lebih dari 270 km/jam!

Selain itu, ia juga merasa ‘tersengat’ karena temannya yang mengendarai BMW S1000RR sanggup melaju dengan kecepatan 300 km/jam. Jadi demi memenuhi ambisinya itu, Trev lantas melakukan modifikasi besar-besaran.

“Kenapa 1200GS? Karena saya suka menungganginya, tak ada yang mencoba sebelumnya dan inilah yang membuatku bersemangat. Saya ingin motor yang bisa dipakai latihan, bertualang dan ngebut sekaligus,” ujar Trev kepada Advpulse.

Paling mentereng, kustomisasi Trev terlihat pada penggunaan NOS (nitrous oxide system) sebagai doping mesin agar lebih bertenaga. Kemudian memadukannya dengan knalpot Remus HexaCone dan ECU yang di-tuning ulang.

Dengan tenaga yang sangat besar, Trev juga memerlukan penyesuaian di bagian lainnya. Oleh karena itu, ia juga mencopot gir dari seri BMW Motorrad lain yang sesuai dengan konsep modifikasinya. Tidak lupa, ia menggunakan ban Continental dengan pelek jari-jari yang khusus didesain untuk motor berkecepatan tinggi.