13 Jul 2017

Vespa Lambretta LD 125cc lansiran 1952 yang mangkal di bengkel Primo 116 Werx ini hampir 2 tahun ‘nganggur’, tidak diambil oleh pemiliknya. Menurut Noerman Pulungan, pemilik Primo 116 Werx, Lambretta LD ini memang dititipkan di bengkel sejak selesai di renovasi.

“Itupun pembenahannya hanya pada penggantian ban dan pengecatan badan yang lecet,” paparnya.

Sedangkan mesin Lambretta masih orisinal dan masih hidup, 125cc berdaya 3,8 hp dan kecepatan maksimal 70-75 km/jam. Pemilik hanya menungganginya jika ada acara atau kegiatan berkumpulnya Lambretta se Jakarta.

Karburator yang terpasang masih aslinya, Dell’Orto MA18B2. Sedangkan untuk suspensi depan sama seperti Lambretta D yang tertutup oleh tabung garpu sendiri dengan menggunakan tension fork link spring.

Untuk kapasitas tangki bahan bakar minyak (BBM) 6,3 liter. Cadangan 0,7 liter.

“Body dan mesinnya, sih, dijamin masih asli dari pabriknya. Memang pemiliknya adalah kolektor barang antik yang masih keturunan Keraton Surakarta. Selain skuter ini, masih banyak koleksinya di rumahnya. Lambretta ini dititipkan ke saya karena di rumahnya tidak muat lagi,” terang Noerman yang menyembunyikan nama pemilik Lambretta ini.

Menariknya motor ini pernah ditawar orang bule sampai 125 juta rupiah. Tetapi tetap saja pemiliknya tidak mau menjualnya.

“Alasannya karena warisan turun-temurun dari keluarga. Jadi sayang kalau dijual. Mungkin sampai kapan pun gak dijual kali oleh dia.”

Alamat Bengkel Primo 116 Werx:
Kompleks Flamboyan
Jl. Flamboyan Raya No. 31
Rempoa, Tangerang Selatan
Telepon: 08889913188

 

Sumber: Dapurpacu