25 Jul 2017

Knalpot menjadi salah satu part yang lebih sering diganti oleh pemilik sepeda motor. Selain sekedar meningkatkan tampilan atau mencari suara yang berbeda, tapi juga diyakini mendongrak performa, misalnya dengan mengaplikasikan knalpot jenis free flow.

Saat ini, banyak merek knalpot yang dijual di Indonesia. Mulai dari produk lokal hingga import. Berikut kami merangkum 5 produk knalpot yang ramai di pasaran.

1. Remus
Knalpot Remus asal Austria resmi diniagakan oleh Dunia Motor. Remus diproduksi ada yang khusus untuk Yamaha Nmax dan juga skuter klasik asal Italia, Vespa. Knalpot remus untuk kedua model ini dibuat khusus dengan material stainless steel dan carbon fiber. Untuk Yamaha N-Nmax diklaim mampu menambah tenaga 1,7 hp tanpa mengubah setelan di ECU. Harganya Rp 5,9 juta.

Sedangkan untuk Vespa tipe RSC dibanderol Rp 5,6 sampai Rp 7,5 juta. Remus tipe Hexagonal Carbon untuk Vespa mesin V3 mulai dari Rp 7,5 sampai Rp 8,5 juta. Remus tipe RSC dual dibanderol Rp 11 juta.

2. SC Project
Knalpot buatan Italia ini juga dijual oleh Dunia Motor, SC Project sudah digunakan untuk balapan MotoGP, Moto3, dan Moto2.

Semua knalpot yang dijual di Dunia Motor merupakan produk asli, tak heran jika harganya pun cukup menguras isi dompet.

“Di Dunia Motor tidak ada produk palsu, semua produk yang dijual di Dunia Motor asli, dan itu saya jamin,” ujar Ronald, saat ditemui di kantornya.

Harga knalpot SC Project dibanderol paling murah Rp 7,5 juta, yang paling mahal sudah full system berbahan titanium mencapai Rp 17 juta.

SC Project tersedia untuk semua motor sport mulai dari 150cc sampai 1000cc. Bisa didapatkan di Bengkel Dunia Motor di Jl. Raya Pulo Gebang No 67 Jakarta Timur, telepon +6221.4870.3222.

3. Pro Speed
Pro Speed merupakan knalpot merek asal Taiwan, namun pemilik dari merek Pro Speed merupakan orang Indonesia yakni Bie Hau.

Knalpot Pro Speed tersedia untuk berbagai jenis sepeda motor di Indonesia, mulai untuk skuter otomatik (Skutik), motor sport bahkan untuk motor trail juga ada. Knalpot Pro Peed dibanderol mulai Rp 2,5 jutaan.

Pro Speed menyediakan beberapa varian, seperti Carbon Series atau Black Series. Varian ini punya karakter suara yang lebih sporti dan keras. Dibuat dari bahan full stainless steel dan diberi aksen karbon di bagian moncong knalpot dengan bahan 100% karbon asli.

Kantor pemasaran Pro Speed berada di Jl. Taman Sari Raya, Komplek 56 No.56 ME Jakarta Barat, telpon 0813 1689 8280 Bie Hau.

4. Norifumi
Norifumi meruapakan knalpot buatan lokal, pabriknya berada di seputaran Tangerang. Merek Norifumi lebih dikenal di kalangan pengguna motor trail.

Bahkan untuk motor Honda CRF250Rally Norifumi sudah menyediakannya, yang dibanderol Rp 5 juta, berbahan terbaik, stainless 304 dan carbon kevlar.

Produk Norifumi bisa didapatkan di CAOS Custom Bike beralamat di Jl. Pancoran Barat 8 No. 6C, Jakarta Selatan, Telepon: 08170089400.

5. Wawan Racing Concept (WRC)
Salah satu alternatif yang bisa direkomendasikan adalah lansiran WRC. Ini merupakan knalpot racikan lokal hasil ide kreatif Puas Yulia Setiawan. Nama WRC sendiri diambil dari nama sang pemilik Wawan Racing Concept (WRC).

Bicara soal kualitas, knalpot racikan Wawan tidak perlu diragukan lagi, meski produk lokal knalpot WRC sudah banyak digunakan oleh tim balap dan membuktikannya di kejuaraan nasional.

Knalpot WRC dibuat dari perpaduan material dasar galvanis dan stainless steel. Sedangkan untuk silincer-nya ada yang menggunakan bahan lokal, ada juga impor luar. Selain kanlpot sudah jadi, WRC juga menerima pemesanan sesuai keinginan konsumen. Wawan Racing Concept (WRC) Jl. Tole Iskandar No.93 Depok Telp. 0813-27490208.

 

Sumber: dapurpacu