28 Jul 2017

Kebanyakan mobil hot rod biasanya berasal dari pabrikan Amerika Serikat atau Eropa. Namun, Tommy Reichelderfer melawan asumsi tersebut dengan ‘menyulap’ Mazda Miata lansiran 1991 menjadi mobil bergaya hot rod era 40-an.

Dengan bodi Mazda Miata yang terbilang pipih, modifikasi yang dilakukan Tommy cukup ekstrem. Mengambil role model A Ford coupe, Tommy mulai merakitnya dengan memotong bagian kap mesin dan bagian depan yang dibiarkan terbuka tanpa fender, bumper, dan cat.

Tak hanya bagian luar saja yang pria asal Amerika Serikat vermak. Ia juga meningkatkan performa mobil rakitannya dengan menambahkan mesin Ford V8 5.0 liter yang setara dengan mobil bermesin 5.4 liter.

Masih seputar dapur pacu. Tommy mengubah habis-habisan sistem transmisi Mazda Miata dengan memasang transmisi Borg-Warner T5 lima kecepatan yang diambil dari Mustang 5.0 liter. Tak lupa, ia juga menyematkan independent-rear-suspension Thunderbird 7,5 inci, untuk untuk mendukung kenyamanan saat berkendara.

Pada mobil Mazda Miata kustom rakitannya, Tommy benar-benar menggeber kecepatannya. Untuk memaksimalkan tarikan mobil, ia mengurangi bobot mobil dengan menggunakan material aluminium di sekujur tubuh mobil.

Untuk menambah kesan garang, ia juga mengganti ‘mata’ bawaan Mazda Miata dengan lampu depan bergaya era 30-an, plus lampu belakang kustom. Sementara untuk interior, ia tidak lagi menggunakan panel instrumen asli. Tommy justru menggantinya dengan shifter knob baboon’s-ass red.

Sisanya, Tommy memasangkan tombol switch yang berfungsi untuk mengontrol lampu dan fitur lain.