14 Jul 2017

Modifikasi Honda CBR250RR bergaya Neo Cafe Racer, adalah salah satu dari tiga motor Honda CBR250RR garapan modifikator andal Indonesia yang diberi kesempatan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dalam program Honda Dream Ride Project.

Ketiganya merupakan modifikator yang memenangi Honda Modif Contest (HMC) 2016. Satu dari tiga CBR250RR bergaya Neo Cafe Racer ini adalah hasil karya dari Yuwono Djati, yang saat HMC memegang gelar juara di kelas Cub & Sport National.

Tantangan yang harus dilewati oleh Yuwono adalah, membuat motor modifikasi yang punya konsep menarik juga mempertimbangkan unsur safety saat digunakan sebagai aturan mainnya. Langkah Yuwono yang dilakukan agar CBR250RR terlihat beda dari yang lainnya adalah fairing depan yang diganti dengan pelat galvanis dengan tebal 1,2 mm.

Untuk membangun kesan sporty ban tapak lebar aplikasi Firestone Deluxe 18×3.50 bagian depan dan 18×3.50 pada bagian belakang yang dibalut pelek alumunium ukuran 18×2.50 pada bagian depan dan 18×3.50 di belakang. Ban belakang tadi menempel pada swingarm custom yang menambah kesan kekar.

Yuwono Djati mengatakan, dirinya memimpikan hasil modifikasinya berbeda dari konsep Café Racer yang saat ini sudah sering digunakan. Oleh karena itu, pemilihan konsep, bahan, serta biaya yang digunakan juga harus sesuai. Hal ini menjadi tantangan tersendiri baginya.

“Saya memilih konsep Café Racer yang berbeda dari yang modikasi-modifikasi yang pernah ada, tentunya dengan mengutamakan unsur safety yang akan nyaman nanti saat dikendarai. Karena desain yang saya tawarkan beda, saya harap ketika masyarakat melihat hasil karya saya nanti dapat terinspirasi untuk berkreasi lebih bagus lagi dari karya saya,” ungkap Yuwono.

Alhasil motor buatan Yuwono ini mampu digunakan di wilayah Yogyakarta, yang melewati tempat bersejarah di Yogyakarta seperti Tugu Yogyakarta, hingga berbagai kawasan wisata pantai seperti Pantai Depok dan Pantai Baru dengan total jarak sekitar 500 km.

Data Modifikasi
Frame : Stock Custom
Bodywork : Galvanized Plate 1,2 mm
Swing Arm : Custom
Headlamp : Daymaker
Stoplamp : Custom
Wheels : Aluminium 18×2.50 & 18×3.50
Tires : Firestone Deluxe 18×3.50 & 18×4.50
Drum Hub : Inboard Ventilated Disc
Muffler : Custom Stainless Steel
Seat : Custom Original Leather
Accessories : Radiator Cover, Bar End Mirror, Aluminium Body Cover, Aluminium Frame, Hub Cover
Detail & Painting :Lunatic Custom Motorcycle

Sumber: Dapurpacu