20 Oct 2016

Pembahasan kali ini sedikit agak pusing dan membingungkan, kalau dipikirkan dengan akal sehat, cuma mari kita simak saja.

girth9

Berasal dari Phoenix, Arizona seorang pria bernama Joel Wilmoth membangun sebuah sepeda menggunakan ban mobil Drag dan dinamakan “GIRTH”. Joel hidup dilingkungan pedesaan yang dalam kehidupan sehari-hari, selalu mengutak-atik mobil, truk, traktor, motor dan sepeda, intinya segala sesuatu yang memiliki roda pasti dijamah olehnya. Kegemaran pria ini adalah balapan NASCAR, jadi setiap ada balapan, dia dan teman-temannya selalu hadir menggunakan motor kustom mereka yang bisa dibilang aliran modifikasinya sangat aneh dan radikal.

girth2

Karena Joel memiliki jiwa karya yang kompetitif dan nyeleneh, maka dia memutuskan untuk membangun sepeda yang belum pernah terpikirkan oleh orang sebelumnya. Hal pertama yang dilakukan adalah mencari 2 buah velg lebar dan 2 ban besar, dimana dia dapatkan dari temannya. 2 buah velg bead lock yang didapatkan berukuran 15 inch dengan lebar 17 inch, serta 2 ban besar berukuran 105×16/15 atau sama dengan diameter 22 inch.

girth6

Lalu pencarian kebutuhan lainnya dimulai, dengan mencari hub yang dimasukan kedalam velg untuk menghubungkan axle disebuah Junkyard (tempat barang bekas) dan menemukan Honda ATC front end, brake master cylinder dan caliper. Langkah berikut, bagaimana cara membuat garpu depan dan dia mempercayakan kepada pengrajin besi kepercayaannya untuk bisa dibuatkan. Lalu dia menggabungkan axle dan caliper mounts bersamaan. Nah mulai dari sinilah, Joel akhirnya bisa memikirkan bentuk sepeda yang dia buat akan bergaya seperti apa.

girth_cover

Joel sempat memesan beberapa sparepart dari Ebay seperti axle bearings, jackshaft, chains, shifter, shifter knob, crank set, sturmey archer 5 speed hub dan sprockets.

girth7

Berlanjut ke frame, Joel menghubungi temannya bernama Dan di Sinister Fabrication untuk membuat frame sepeda yang diinginkan. Setelah jadi, dia mulai memikirkan posisi, letak dan bagaimana cara menggabungkan semuanya untuk bisa menjadi sebuah sepeda. Pekerjaan besar berikutnya, dia harus menyatukan gearing, jackshaft dan shifter knob, lalu membuat semua brackets dan mounts dengan dilas ke frame. Lampu depan Harley Davidson Fat Boy, dia jadikan sebagai lampu depan sepeda dengan merubah voltase dengan menggunakan 9 volt dan lampu LED. Beberapa fitur keren juga meramaikan keunikan sepeda ini dengan kursi traktor yang dibungkus kulit dan suspensi jok diberikan air bag suspension dan piston dari mesin block kecil Chevrolet untuk memutar roda depan.

girth4

Pembangunan menguras waktu yang lama sekitar 6 bulan dan dapat dibayangkan bahwa membangun sepeda dengan konsep radikal membutuhkan tenaga, pikiran, hasrat yang prima. Selama pembagunan, Joel tetap optimis dan yakin bawa visi yang diinginkan pasti terwujud dan hasilnya bisa kita nikmati bersama. Job Well Done Joel…… keep up the good work.

girth5

Sumber: ratrodbikes.com